Contoh Skripsi: PENILAIAN STANDAR PELAYANAN RUMAH SAKIT MELALUI KEPATUHAN PROSEDUR KERJA DI RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS JEMBER
RINGKASAN
Peningkatan standar pelayanan kesehatan dari RSGM FKG Universitas Jember dibutuhkan agar RSGM memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan standar pelayanan yang berlaku. Penelitian tentang penilaian standar pelayanan rumah sakit melalui kepatuhan prosedur kerja dilakukan di RSGM FKG Universitas Jember untuk mengetahui standar pelayanan rumah sakit yang diukur dari kepatuhan prosedur kerja yang dilakukan oleh mahasiswa tingkat profesi FKG Universitas Jember dalam melakukan perawatan pulpektomi pada Laboratorium Konservasi Gigi, perawatan ekstraksi gigi pada Laboratorium Bedah Mulut, perawatan pembersihan karang gigi (scalling) pada Laboratorium Periodonsia dan perawatan ulkus traumatikus pada Laboratorium Oral Medicine (OM).
Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional deskriptif dengan pendekatan cross sectional dan dilakukan pada bulan Mei-Juni 2006. Sampel penelitian sebanyak 65 orang dan diinstruksikan untuk mengisi kuesioner, kemudian dilakukan observasi pada 14 orang dari keseluruhan sampel penelitian.
Sampel sebanyak 60 orang (92,3 %) mematuhi standar pelayanan yang berlaku, sedangkan lima sampel (7,7 %) tidak mematuhi standar pelayanan yang berlaku. Standar pelayanan yang dilakukan mahasiswa tingkat profesi FKG UNEJ melalui kepatuhan prosedur kerja di RSGM FKG Universitas Jember adalah baik dan sesuai dengan standar pelayanan yang berlaku, yang dapat diketahui dari sebanyak 60 sampel (92,3%) telah mematuhi prosedur kerja, sedangkan lima sampel (7,7%) tidak mematuhi prosedur kerja. Kepatuhan terhadap prosedur kerja tidak dipengaruhi oleh nilai IPK, pengetahuan, angkatan, sarana dan prasarana yang dimiliki RSGM.
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL ………………………………………………………….. i
HALAMAN PERSEMBAHAN ……………………………………………… ii
HALAMAN MOTTO…………… ……………………………………………iii
HALAMAN PERNYATAAN …………………………………………………iv
HALAMAN PEMBIMBINGAN ………………………………………………v
HALAMAN PENGESAHAN …………………………………………………vi
PRAKATA …………………………………………………………………….vii
RINGKASAN ………………………………………………………………….ix
DAFTAR ISI …………………………………………………………………x
DAFTAR TABEL ……………………………………………………………xiii
DAFTAR GAMBAR …………………………………………………………xiv
DAFTAR LAMPIRAN ………………………………………………………xv
BAB 1. PENDAHULUAN
Latar Belakang …………………………………………………..1
Rumusan Masalah ……………………………………………….3
Tujuan Penelitian ……………………...........................................3
Manfaat Penelitian ………………………………………………4
BAB 2. TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Rumah Sakit
2.1.1 Pengertian Rumah Sakit……………………………………. 5
2.1.2 Fungsi Rumah Sakit………………………………………… 5
2.1.3 Karakteristik Rumah Sakit …………………………………6 2.1.4 Macam Rumah Sakit……..…………… ……………………6
2.2 Rumah Sakit Gigi Dan Mulut
2.2.1 Pengertian Rumah Sakit Gigi Dan Mulut ……………….......8
2.2.2 Fungsi Dan Tujuan RSGM ………………………………….9
2.2.3 Sasaran RSGM ……………………………………………..11
2.2.4 Sarana Peralatan RSGM ……………………………………11
2.2.5 Tenaga Kesehatan …………………………………………..12
2.3 Standar Pelayanan Rumah Sakit ………………………………15
2.4 Kepatuhan Prosedur Kerja……………………………………. 19
2.4.1 Prosedur Kerja di Laboratorium Bedah Mulut ……………20
2.4.2 Prosedur Kerja di Laboratorium Periodonsia ……………...21
2.4.3 Prosedur Kerja di Laboratorium Oral Medicine …………..22
2.4.3 Prosedur Kerja di Laboratorium Konservasi Gigi…… ……22
BAB 3. METODE PENELITIAN
3.1 Jenis Penelitian ………………………………………………….24
3.2 Tempat dan Waktu Penelitian
3.2.1 Tempat Penelitian ……………………………………….24
3.2.2 Waktu Penelitian …………………………………………24
3.3 Populasi Penelitian ……………………………………………24
3.4 Sampel Penelitian
3.4.1 Kriteria Sampel ……………………………………………..25
3.4.2 Besar Sampel ……………………………………………....25
3.4.3 Metode Pengambilan Sampel ……………………………25
3.5 Alat dan Bahan …………………………………………………25
3.6 Identifikasi Variabel
3.6.1 Variabel Bebas …………………………………………….26
3.6.2 Variabel Terikat ………………………………………….26
3.7 Alur Penelitian …………………………………………………..27
3.8 Kerangka Konsep Penelitian …………………………………..27
BAB 4. HASIL DAN PEMBAHASAN
4.1 Hasil Penelitian …………………………………………………28
4.2 Pembahasan …………………………………………………….36
BAB 5. KESIMPULAN DAN SARAN
5.1 Kesimpulan ……………………………………………………41
5.2 Saran …………………………………………………………….41
DAFTAR BACAAN ……………………………………….............................42
LAMPIRAN …………………………………………………………………45
DAFTAR TABEL
Tabel Halaman
1. Perbandingan Standar Peralatan RSGM……………………….……….14
2. Perbandingan Standar Tenaga Medis RSGM…………………….…….14
3. Perbandingan Standar Tenaga Keperawatan
dan Tenaga Lain RSGM……………………………………………. .. .15
4. Distribusi Sampel Berdasarkan Laboratorium………………………… 28
5. Distribusi Sampel Berdasarkan Jenis Kelamin………………………... 29
6. Distribusi Sampel Berdasarkan Nilai IPK…………………………….. 29
7. Distribusi Sampel Berdasarkan Angkatan…………………………….. 30
8. Distribusi Sampel Berdasarkan Usia………………………………….. 30
9. Distribusi Silang antara Laboratorium yang
sedang Ditempuh dengan Kepatuhan Prosedur Kerja………………… 31
10. Distribusi Silang antara Nilai IPK dengan Kepatuhan
Prosedur Kerja………………………………………………………… 32
11. Distribusi Silang antara Angkatan dengan Kepatuhan
Prosedur Kerja………………………………………………………… 33
12. Distribusi Silang antara Pengetahuan dengan
Kepatuhan Prosedur Kerja………………………….............................. 34
13. Distribusi Silang antara Sarana dan Prasarana dengan
Kepatuhan Prosedur Kerja…………………………………………….. 35
DAFTAR GAMBAR
Gambar Halaman
Alur Penelitian ………………………………………………………..27
Kerangka Konsep Penelitian …………………………………………..27
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran Halaman
A. Surat persetujuan (Informed Consent) ……………………………….45
B. Kuesioner …………………………………………………………….46
C. Lembar Observasional ……………………………………………….59
D. Prosedur Kerja di RSGM FKG UNEJ ……………………………… .67
E. Data Kasar Hasil Penelitian dari Lembar Observasional…………… 72
F. Data Kasar Hasil Penelitian dari Kuesioner…………….……………73
G. Data Respoden Penelitian ……………………………………………81
BAB 1. PENDAHULUAN
Latar Belakang
Sehat adalah keadaan sejahtera, baik dari segi badan, mental spiritual (dirinya sendiri) maupun segi sosial budaya (lingkungannya). Sehat merupakan kehendak semua pihak, tidak hanya oleh perorangan, tetapi oleh keluarga, kelompok dan masyarakat. Keadaan sehat membutuhkan banyak hal, salah satu diantaranya adalah menyelenggarakan pelayanan kesehatan (Azwar, 1996).
Pelayanan kesehatan adalah setiap upaya yang diselenggarakan sendiri atau bersama-sama dalam suatu organisasi untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan perseorangan, keluarga, kelompok ataupun masyarakat (Leevey dan Loomba, 1973 dalam Azwar,1996). Bentuk dan jenis pelayanan kesehatan ada dua, yaitu pelayanan kedokteran dan pelayanan kesehatan masyarakat. Pelayanan kesehatan yang termasuk dalam kelompok pelayanan kedokteran (medical services) ditandai dengan cara pengorganisasian yang dapat bersifat sendiri (solo practice) atau secara bersama-sama dalam satu organisasi (institution). Tujuan utamanya untuk menyembuhkan penyakit dan memulihkan kesehatan serta sasaran utamanya untuk perseorangan dan keluarga. Pelayanan kesehatan masyarakat ditandai dengan cara pengorganisasian yang umumnya secara bersama-sama dalam suatu organisasi, tujuan utamanya adalah memelihara dan meningkatkan kesehatan serta mencegah penyakit, sasaran utamanya untuk kelompok dan masyarakat (Hodgetts dan Cascio, 1983 dalam Azwar, 1996).
Rumah sakit sebagai salah satu sarana kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, memiliki peran yang sangat strategis dalam mempercepat peningkatan derajat kesehatan masyarakat, oleh karena itu rumah sakit dituntut untuk memberikan pelayanan yang bermutu sesuai dengan standar yang ditetapkan dan dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat (Keputusan Menteri Kesehatan No. 228/2002).
Rumah Sakit Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember (RSGM FKG Universitas Jember) merupakan rumah sakit khusus, karena hanya memberikan satu jenis pelayanan kesehatan yaitu kesehatan gigi dan mulut. RSGM FKG Universitas Jember mengharapkan agar tuntutan masyarakat terhadap peningkatan mutu pelayanan kesehatan dapat terpenuhi, maka rumah sakit merupakan sarana pelayanan yang paling dibutuhkan, karena memberikan pelayanan secara optimal dari tingkat dasar hingga paling canggih. Kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan kesehatan lainnya, sangat membutuhkan sarana pelayanan kesehatan yang komprehensif dan multifungsional berupa rumah sakit gigi dan mulut sebagai pusat rujukan bagi pelayanan kesehatan gigi, lahan pendidikan dan penelitian. Peningkatan standar pelayanan kesehatan dari RSGM FKG Universitas Jember dibutuhkan agar RSGM dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan mutu pelayanan yang memenuhi standar pelayanan yang berlaku (Depkes RI, 2003).
INGIN MEMILIKI FILE CONTOH SKRIPSI INI?? HANYA DENGAN RP. 35.OOO,
ORDER VIA CHAT WA.
NOMOR FILE SKRIPSI : Jur Kedokteran 3
Komentar
Posting Komentar